Rabu, 04 Desember 2013

contoh RPP Micro Teaching

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Nama Sekolah : …… Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Materi Pokok : Panca Indera Manusia dan memeliharanya Kelas/Semester : IV/I Waktu : 1 x 15 menit I. KOMPETENSI SK : 1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya KD : 1.4 Menerapkan cara memelihara kesehatan panca Indera II. INDIKATOR 1. Melalui diskusi siswa mampu memberi contoh cara merawat alat indera 2. Melalui Tanya jawab siswa mampu mencari informasi tentang kelainan alat indera yang disebabkan oleh kebiasaan buruk. III. TUJUAN PEMBELAJARAN 1. Siswa dapat menjelaskan cara merawat dan memelihara alat indera manusia : - Mata - Telinga - Lidah - Hidung - Kulit 2. Siswa dapat mampu menjelaskan kelainan alat indera yang disebabkan oleh kebiasaan buruk IV. MATERI PEMBELAJARAN Mengenal alat Indera Manusia, merawat dan memelihara kesehatan/alat indera  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility) Dan Ketelitian (carefulness) V. KEGIATAN PEMBELAJARAN  Kegiatan awal : Apersepsi ( 3 menit) Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan  Kegiatan inti : ( 10 menit )  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru :  Memberikan pertanyaan mengenai panca indra manusia  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, siswa :  Berdiskusi kelompok  Menyebutkan panca indera manusia dan fungsinya  Menyebutkan dan menjelaskan kelainan panca indera yang disebabkan kebiasaan buruk  Menjelaskan cara memelihara kesehatan panca indera  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru:  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan  Kegiatan akhir : ( 3 menit ) - Dengan bahasa yang sederhana guru membimbing siswa menyimpulkan mengenai materi yang telah dipelajari - Memberikan tugas VI. ALAT, MEDIA, DAN SUMBER RUJUKAN 1. Alat/Media : Kertas berisi gambar panca indera 2. Metode : Diskusi, Tanya Jawab, Tugas 3. Sumber rujukan : Buku SAINS SD Relevan Kelas IV VII. PENILAIAN: Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen/ Soal 1. Memberi contoh cara merawat alat indera. 2. Mencari informasi tentang kelainan alat indera yang disebabkan oleh kebiasaan buruk. Tugas Individu Laporan o Sebutkan contoh cara merawat alat indera. o Carikan informasi tentang kelainan alat indera yang disebabkan oleh kebiasaan buruk. FORMAT KRITERIA PENILAIAN  PRODUK ( HASIL DISKUSI ) No. Aspek Kriteria Skor 1. Konsep * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah 4 3 2 1  PERFORMANSI No. Aspek Kriteria Skor 1. 2. 3. Pengetahuan Praktek Sikap * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap 4 2 1 4 2 1 4 2 1  LEMBAR PENILAIAN No Nama Siswa Performan Produk Jumlah Skor Nilai Pengetahuan Praktek Sikap 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. CATATAN :  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.  Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial. Tasikmalaya ......................2013 Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mapel IPA .................................. .................................. NIP : NIP : Disusun oleh: Linda Purnamasari 1103783

Tidak ada komentar:

Posting Komentar